Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melompati Proses Looping Bahasa C Menggunakan Continue Statement

Statement Continue pada Bahasa C juga merupakan bagian dari statement kontrol looping, yang juga sering digunakan seperti penggunaan statement break. Statement continue merupakan kebalikan dari statement break, dimana jika pada statement break berfungsi untuk menghentikan atau keluar dari proses looping, pada statement continue proses yang dilakukan adalah hanya keluar pada proses iterasi yang akan dilaksanaan saat ini dan akan melanjutkan ke proses iterasi selanjutnya.

Melompati Proses Looping Bahasa C Menggunakan Continue Statement
Statement Looping Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Melompati Proses Looping Bahasa C Menggunakan Continue Statement, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement [klik], Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C [klik], dan Fakta Tentang Statement Switch Bahasa C Beserta Fungsinya [klik].

Statement continue memaksa perintah looping untuk melompati suatu bagian atau tahapan iterasi tertentu. Ketika statement continue dieksekusi pada bagian looping, maka kode program pada tahap iterasi tertentu akan dilewati akan akan melanjutkan ke tahapan iterasi selanjutnya hingga proses looping selesai dijalankan.

Baca Juga:


Sintak:
continue;

Terdapat suatu kondisi dimana terdapat suatu kebutuhan program yang mengharuskan untuk mencetak angka atau nilai tertentu dari angka 1 hingga 10 namun bukan angka 6. Kondisi tersebut harus dilakukan hanya menggunakan satu kali proses looping saja. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka pada proses looping dapat disertakan statement continue disalah satu baris yang mencetak angka enam, agar angka enam tidak ditampilkan pada layar atau hanya dilewati saja.

Contoh: berikut adalah implementasi statement continue pada suatu looping Bahasa C.

// Program Bahasa C untuk

// menjelaskan kegunaan dari

// statement continue.

#include <stdio.h>


int main() 

{

// proses looping dari angka 1

// hingga angka 10

for (int i = 1; i <= 10; i++) {


// If i adalah sama dengan 6,

// maka continue ke iterasi

// selanjutnya tanpa proses

// cetak nilai.

if (i == 6)

continue;


else

// jika tidak, maka cetak

// nilai dari i saat ini.

printf("%d ", i);

}


return 0;

}

Output:
1 2 3 4 5 7 8 9 10

Catatan: statement continue dapat digunakan dengan looping lainnya seperti while atau do-while pada kondisi sama yang digunakan pada contoh looping yang menggunakan keyword for.

Artikel ini didedikasikan kepada: Shifa Rochmatul Fitri, Tiya Harum Pradista, Yosie Paksi Vidiyuananta, Achmad Syamsul, dan Ahmad Arizal Syahida.

5 komentar untuk "Melompati Proses Looping Bahasa C Menggunakan Continue Statement"

  1. Apa yang dimaksud dengan continue statement pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statement continue pada bahasa C merupakan statement yang digunakan untuk membawa kontrol program ke bagian awal proses perulangan.

      Hapus
    2. Statement continue berfungsi untuk melompati beberapa baris kode program yang terdapat di dalam looping dan melanjutkannya dengan proses iterasi berikutnya.

      Hapus
    3. Statement continue bahasa C utamanya digunakan untuk suatu kondisi dimana user dapat melewatkan beberapa baris kode program untuk kondisi tertentu.

      Hapus
    4. Statement continue dalam bahasa C bekerja seperti statement break, namun perbedaannya adalah pada bagian eksekusi statementnya, dimana pada statement break proses looping akan dihentikan, sedangkan pada statement continue akan dilewati saja atau dilompati saja pada bagian looping tertentu.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -