Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement

Statement goto merupakan statement Bahasa C yang digunakan untuk melompati statement lainnya yang kadang-kadang juga merujuk pada kondisi statement yang tidak dikondisikan sebelumnya. Statement goto pada Bahasa C dapat digunakan untuk melompati bagian manapun ke bagian lainnya pada posisi manapun untuk menuju ke suatu fungsi tertentu.

Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement
Penggunaan Statement goto Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C [klik], Fakta Tentang Statement Switch Bahasa C Beserta Fungsinya [klik], dan Perbandingan Dua Program Looping Bahasa C [klik].

Sintak:
  • label:
  • goto label:

Pada contoh sintak, baris pertama memberitahukan kompilator bahwa statement goto akan melompati ke bagian statement yang telah ditandai menggunakan label tertentu. Pada bagian label, baris tersebut digunakan sebagai identifier dari definisi user yang mengindikasikan target yang akan dituju dari statement goto. Statement goto yang telah diarahkan untuk melompat dan menuju ke label tertentu kemudian akan segera mengeksekusi baris kode program yang terdapat setelah kode label yang ditentukan. Kode 'label:' juga dapat ditampilkan sebelum bagian statement 'goto label;' yang berada sebelum sintak goto.


Berikut diperlihatkan beberapa contoh bagaimana statement goto Bahasa C digunakan.

Tipe1: pada kondisi ini, akan diperlihatkan suatu situasi yang sama seperti yang diperlihatkan pada sintak. Programmer perlu melakukan penulisan kode program dimana suatu fungsi harus dijalankan jika sebuah angka atau kondisi tertentu telah terpenuhi dan hasilnya akan dicetak pada layar sesuai dengan perintah fungsi yang dituju oleh statement goto. Berikut adalah ilustrasi programnya.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// memeriksa apakah suatu

// bilangan adalah angka genap

// atau bukan, menggunakan

// statement goto.

#include <stdio.h>


// Fungsi untuk memeriksa

// bilangan genap.

void checkEvenOrNot(int num)

{

if (num % 2 == 0)

// jump to even

goto even;


else

// jump to odd

goto odd;


even:

printf("%d is even", num);

// return if even

return;


odd:

printf("%d is odd", num);

}


int main() {


int num = 26;


checkEvenOrNot(num);


return 0;

}

Output:
26 is even

Tipe2: Pada kondisi ini, akan diperlihatkan suatu situasi yang sama seperti yang diperlihatkan pada bagian sintak. Programmer harus membuat suatu baris program untuk mencetak nilai angka dari 1 hingga 10 menggunakan statement goto Bahasa C. Berikut adalah ilustrasi penggunakan statement goto tersebut.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// mencetak angka dari angka 1

// hingga angka 10 menggunakan

// statement goto.

#include <stdio.h>


// Fungsi untuk mencetak angka

// 1 hingga angka 10.

void printNumbers()

{

int n = 1;


label:

printf("%d ",n);

n++;

if (n <= 10)


goto label;

}


// Program driver untuk

// menguji fungsi printNumers.

int main() {

printNumbers();


return 0;

}

Output:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Kekurangan Statement Goto:
  • Penggunaan statement goto sebaiknya dikurangi penggunaannya, karena membuat eksekusi program menjadi sangat kompleks.
  • Penggunaan statement goto membuat proses penyelesaian tugas, analisis, dan verifikasi baris kode program menjadi sangat sulit ketika dijalankan.
  • Penggunaan statement goto pada umumnya hanya untuk menghindari penggunaan statement break dan continue, yang pada dasarnya jauh lebih direkomendasikan dari pada statement goto pada Bahasa C.

Artikel ini didedikasikan kepada: Safa'Ati, Shifa Rochmatul Fitri, Tiya Harum Pradista, Yosie Paksi Vidiyuananta, dan Achmad Syamsul.

6 komentar untuk "Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement"

  1. Apa yang dimaksud dengan statement Goto pada Bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statement Goto pada bahasa C adalah statement lompat yang digunakan untuk melompat dari satu bagian kode ke bagian kola lain dari bahasa C. Statement goto membantu dalam proses pengubahan aliran normal program sesuai dengan kebutuhan yang akan dilaksanakan oleh user.

      Hapus
    2. Statement goto dapat digunakan untuk mengubah aliran kontrol dalam suatu program. Meskipun statement goto dapat digunakan untuk membuat perulangan dengan waktu pengulangan yang terbatas, namun tetap disarankan untuk menggunakan struktur perulangan lain seperti for, while, dan do-while.

      Hapus
    3. Penggunaan statement goto membutuhkan label untuk proses pendefinisian tujuan dalam program yang digunakan.

      Hapus
  2. Apakah penggunaan statement goto dianjurkan pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan statement goto sangat tidak dianjurkan dalam bahasa pemrograman C karena kondisi apapun, karena dapat membuat proses kerja program menjadi lebih sulit dalam pelacakan aliran kontrol suatu program, dan akan membuat program sulit untuk dipahami dan sulit untuk dimodifikasi.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -