Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C

Pada sebagian besar bahasa pemrograman komputer, operator looping while merupakan sebuah statement flow kontrol yang memungkinkan kode program untuk dieksekusi secara berulang berdasarkan kondisi nilai boolean yang diberikan, dimana nilai boolean yang diberikan tersebut berupa kondisi true dan false.

Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C
Penggunaan While Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fakta Tentang Statement Switch Bahasa C Beserta Fungsinya [klik], Perbandingan Dua Program Looping Bahasa C [klik], dan Penggunaan Keyword For dan While Pada Bahasa C [klik].

while(1): Merupakan bentuk looping tanpa batas yang akan terus dijalankan sampai statement break ditentukan secara eksplisit. Menariknya bukan while(1) tetapi bilangan bulat apa pun yang bukan nol akan memberikan efek yang sama seperti while(1). Namun, untuk while(1), while(2), atau while(-255), semuanya akan memberikan hasil looping tanpa batas pada program.

Dibuat suatu kondisi tertentu pada bagian tanda kurung(), dimana kondisi dapat diselesaikan menjadi benar atau salah. Jadi 0 mewakili salah dan nilai apa pun kecuali itu benar.

Baca Juga:

Secara logika:
  • while(true) == while(1) == while (semua nilai akan merepresentasikan nilai true);
  • while(false) == while(0);
  • while(1) atau while(nilai integer non-zero apapun){/*tanpa henti*/}

Contoh sederhana penggunaan while(1) dapat diletakkan pada program Client-Server. Pada program, server akan menjalankan looping while tanpa henti untuk menerima nilai paket kiriman yang dikirimkan dari pihak klien. Namun, pada praktiknya tidak disarankan untuk menggunakan while(1) pada kondisi program nyata, karena hal tersebut akan meningkatkan kinerja CPU secara berlebihan dan juga akan menghalangi kode program lainnya untuk dijalankan, dimana program yang tertunda untuk dijalankan tersebut hanya bisa dijalankan ketika while(1) telah berhenti dijalankan. while(1) dapat digunakan pada bagian program dimana suatu kondisi kebutuhan harus selalu bernilai benar.

Contoh:

// Ilustrasi program Bahasa C

// menggunakan while(1)

#include <stdio.h>


int main()

{

int i = 0;


while (1

{

printf("%d\n", ++i);

if (i == 5)

break; // Digunakan untuk

// keluar dari proses looping

}


return 0;

}

Output:
1
2
3
4
5


while(0): merupakan kebalikan dari program while(1), yang berarti nilai kondisi akan selalu bernilai false dan kode program tidak akan pernah dijalankan.
  • while(0){/*looping tidak dijalankan*/}

Contoh:

// Ilustrasi program bahasa C

// untuk while(0)

#include<stdio.h>


int main()

{

int i = 0, flag=0;


while ( 0 )

{

// Baris ini tidak akan pernah

// dieksekusi pada program.

printf( "%d\n", ++i );

flag++;

if (i == 5)

break;

}


if (flag==0)

printf ("looping tidak dieksekusi!");


return 0;

}

Output:
looping tidak dieksekusi!

5 komentar untuk "Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C"

  1. Apa yang dimaksud dengan statement while pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statement while pada bahasa C merupakan statement yang memungkinkan user untuk melakukan perulangan statement sampai nilai ekspresi tertentu menjadi bernilai salah.

      Hapus
    2. Statement while looping pada bahasa C merupakan program perulangan yang digunakan untuk mengeksekusi statement target selama kondisi yang diberikan bernilai benar.

      Hapus
    3. Pada sebagian besar bahasa pemrograman C, statement while looping merupakan statement aliran kontrol yang memungkinkan kode program untuk dieksekusi berulang kali berdasarkan kondisi boolean tertentu. Perulangan while dapat dianggap sebagai bentuk pernyataan IF ELSE secara berulang.

      Hapus
    4. Statement while looping digunakan untuk mengulang blok kode program tertentu selama beberapa kali, sampai suatu kondisi telah terpenuhi.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -