Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Statistik dalam Penelitian dan Penjelasannya

Metode statistik memiliki peran yang sangat penting dalam dunia penelitian ilmiah. Faktanya, statistik atau metode statistik selalu mendominasi sebagian besar kegiatan penelitian yang mencakup bagian perencanaan, perancangan, pengumpulan data, analisis, penggambaran interpretasi makna, dan pelaporan hasil temuan dalam suatu kegiatan penelitian. Tidak hanya itu, hasil yang didapatkan dari suatu kegiatan penelitian adalah berupa data mentah yang tidak memiliki apapun jika tidak dilakukan proses analisis data menggunakan metode-metode yang terdapat dalam statistik. Oleh karena itu, penentuan metode statistik dalam kegiatan penelitian ilmiah adalah sangat diperlukan guna membenarkan suatu hasil temuan dalam kegiatan penelitian. 

Sebelum mempelajari materi tentang Peran Statistik dalam Penelitian dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Variasi dan Variabel Statistika Penelitian Beserta Pengertiannya, Paradigma Penelitian pada Statistika Penelitian, dan Proses Penelitian pada Statistika Penelitian.

Statistik dalam dunia penelitian berkaitan dengan dasar-dasar dari ilmu statistik yang memberikan suatu nilai keacakan statistik dan hukum penggunaan sampel yang besar. Statistik dalam penelitian mengajarkan bagaimana memilih ukuran sampel dari kumpulan sampel yang acak dalam jumlah yang besar guna membantu proses eksplorasi temuan statistik dan mengurangi hasil bias dan kesalahan eksperimental.

Dalam melakukan kegiatan penelitian statistik dengan jumlah sampling yang besar, peneliti diharuskan dapat menarik suatu kesimpulan yang bersifat signifikan dengan menggunakan ilmu statistik. Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka statistik dalam dunia penelitian digunakan untuk membantu menginterpretasikan data yang berkelompok, yang berada dalam rentang nilai rata-rata yang terdistribusi atau tersebar di seluruh bagian distribusi, dimana hal ini akan membantu proses analisis sampel dan penandaan suatu hipotesis dalam kegiatan penelitian.

Saat berhadapan dengan populasi yang jumlahnya besar, statistik berguna untuk membantu proses analisis data, dimana statistik berguna bagi para peneliti untuk membantu melakukan proses penarikan kesimmpulan yang bersifat efektif dari suatu kegiatan percobaan dan pengamatan. Proses penyelesaian penelitian secara manual atau dari hasil observasi visual cenderung dapat memberikan hasil yang salah. Oleh karena itu, hasil analisis statistik secara menyeluruh akan memberikan hasil pertimbangan dari semua ukuran dan varian statistik lainnya dalam sampel yang memberikan hasil interpretasi data yang bersifat terperinci. Oleh karena itu, peneliti dapat menghasilkan data yang detail dan penting untuk mendukung proses penarikan kesimpulan dalam suatu kegiatan penelitian.

Baca Juga:

Statistik berperan dalam proses pengumpulan data, pengorganisasian data, penginterpretasian data, penganalisisan data, dan penyajian data. Tujuan utama penggunaan statistik dalam kegiatan penelitian adalah untuk merencanakan data yang dikumpulkan dalam hal desain eksperimental dan survei statistik. Statistik dianggap sebagai disiplin ilmu matematika yang bekerja dengan data numerik, yang memiliki peran penting dalam membantu membuat keputusan dalam suatu kegiatan penelitian berdasarkan data yang disediakan. Contoh penggunaan analisis statistik adalah ketika penelitian harus menentukan jumlah individu suatu kota yang menonton TV dari jumlah populasi yang tinggal di kota tersebut, dimana kelompok kecil yang diambil dari kelompok besar populasi penelitian disebut sebagai sampel.

Pada dasarnya, statistik dalam bidang ilmu yang mempelajari tentang data, dimana pengetahuan statistik tersebut kemudian dalam kegiatan penelitian digunakan untuk membantu menentukan jenis metode apa yang sifatnya efektif dalam proses pengumpulan data, penerapan analisis data, dan penyajian hasil data secara efisien. Dalam dunia penelitian, statistik dalah proses penting tentang bagaimana seorang peneliti membuat suatu proses penemuan atau pengambilan keputusan dalam bidang ilmiah, membuat keputusan berdasarkan data, dan membuat suatu prediksi berdasarkan hasil yang didapatkan dalam kegiatan penelitian berdasarkan prinsip ilmu statistik. 

Dengan statistik, seorang peneliti dimungkinkan untuk memahami subjek penelitiannya secara lebih mendalam. 

Statistik dalam dunia penelitian memiliki peran dalam bidang penemuan, pembelajaran, dan proses asumsi. Tidak hanya itu, statistik juga membantu peneliti dalam memberikan fasilitas untuk menciptakan suatu pengetahuan baru, yang sedikit demi sedikit akan mendorong diri peneliti untuk dapat melampaui batas-batas ilmu yang masih belum diketahui atau masih menjadi misteri.

Dalam penelitian, peran statistik juga membantu untuk melakukan proses penarikan kesimpulan yang bersifat valid yang bukan hanya sekadar angka dan fakta. Statistik dalam dunia penelitian memungkinkan untuk seorang peneliti melakukan evaluasi atau klaim berdasarkan bukti kuantitatif dan membantunya dalam membedakan antara kesimpulan yang masuk akal dan kesimpulan yang masih meragukan. Aspek tersebut adalah sesuatu yang bersifat penting dalam dunia penelitian karena membantu menyajikan data kepada orang lain atau pembaca lain dari hasil laporan penelitian penelitian secara lebih objektif.

Ketika seorang peneliti sedang melakukan kegiatan atau proses analisis data menggunakan prosedur statistik yang benar, maka peneliti tersebut cenderung akan menghasilkan data atau hasil penelitian yang akurat. Faktanya, dalam kegiatan penelitian analisis statistik memperhitungkan ketidakpastian dan kesalahan dalam hasil kegiatan penelitian, dimana hal tersebut membantu peneliti untuk memastikan bahwa semua aspek penelitian telah mengikuti metode yang tepat untuk menghasilkan hasil yang dapat dipercaya oleh para pembacanya.  

Berikut adalah peranan statistik dalam kegiatan penelitian.
  • Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Dengan hal tersebut maka jumlah sampel yang dikumpulkan untuk kegiatan penelitian dan telah dikumpulkan lebih mudah dipertanggungjawabkan nilainya.
  • Alat uji validitas dan reliabilitas instrumen. Nilai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian harus diuji terlebih dahulu sebelum digunakan pada kegiatan penelitian.
  • Penggunaan teknik penyajian data, dengan menggunakan teknik penyajian data yang baik, maka data yang dihasilkan dapat lebih mudah dipahami karena bentuk penyajiannya yang lebih komunikatif. Adapun teknik tersebut dapat menggunakan tabel, grafik, diagram, dan teknik penyajian data lainnya.
  • Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistik yang digunakan antara lain adalah statistik korelasi, statistik regresi, statistik t-test, statistik anova, dan lain sebagainya.

Statistik juga merupakan bagian dari integral kehidupan penelitian. Statistik dapat digunakan di berbagai tempat kerja dan kehidupan sehari-hari terutama dalam kegiatan penelitian. Contoh, di tempat kerja, statistik sering digunakan untuk melakukan proses analisis apa yang terbaik untuk strategi pemasaran perusahaan, atau cara melakukan proses distribusi pekerjaan diantara karyawan. Tidak hanya itu, contoh lain dalam kegiatan penelitian statistik adalah menganalisis makanan apa yang harus dibeli seseorang atau berapa banyak jenis makanan dan berapa banyak jumlah uang dapat dapat dikeluarkan ketika seseorang melakukan proses pembelian secara berkala atau setiap waktu tertentu. Dapat dikatakan, dalam kegiatan penelitian, statistik berada pada segala aspek kegiatan tersebut.

Statistik memiliki bidang perang yang penting dalam dunia penelitian karena membantu peneliti memahami tren dan pola-pola umum yang terjadi dalam suatu kumpulan data dari suatu populasi. Statistik dapat digunakan untuk melakukan proses analisis data dalam kegiatan penelitian dan membantu melakukan proses penarikan kesimpulan dari kegiatan penelitian yang dilakukan menggunakan prinsip-prinsip statistik. Statistik dalam dunia penelitian juga memiliki peran untuk memprediksi suatu kejadian dan perilaku apa yang dapat terjadi di masa depan melalui pola-pola yang ditemukan tersebut. Statistik dalam dunia penelitian juga membantu para peneliti dalam memahami bagaimana berbagai hal dapat terjadi dan berubah dari waktu ke waktu. 

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Sayid Achmad Alhakim, Septia Rini Astutik, Septiana Dewi Fortuna, Septiana Indah Prameswari, dan Shafira Galuh Kinanti.

6 komentar untuk "Peran Statistik dalam Penelitian dan Penjelasannya"

  1. Pengetahuan statistik membantu peneliti dalam menggunakan metode yang tepat untuk proses pengumpulan data, penganalisisan data secara benar, dan penyajian hasil penelitian secara efektif. Statistik adalah proses penting dibalik cara seorang peneliti dalam melakukan penemuan dalam dunia ilmiah, serta membuat keputusan berdasarkan data, dan melakukan prediksi.

    BalasHapus
  2. Statistik mengajarkan kita untuk dapat menggunakan sampel terbatas dalam melakukan penarikan kesimpulan yang cerdas dan akurat tentang populasi yang lebih besar. Penggunaan tabel, grafik, dan diagram memainkan peran penting dalam penyajian data yang digunakan dalam proses penarikan kesimpulan dalam kegiatan penelitian.

    BalasHapus
  3. Apa yang dimaksud dengan riset statistik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riset statistik atau penelitian statistik adalah proses pengembangan secara ketat dari motode statistik yang ditingkatkan atau baru berdasarkan pada probabilitas dan teori statistik.

      Hapus
  4. Sebutkan beberapa alasan mengapa menggunakan statistik dalam penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa alasan untuk penggunakan statistik adalah untuk dapat melakukan penelitian secara efektif, untuk dapat membaca dan mengevaluasi arikel atau jurnal penelitian ilmiah, untuk lebih mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan analitik, untuk dapat bertindak sebagai konsumen atau pembaca yang berpengetahuan, dan untuk mengetahui kapan peneliti membutuhkan atau menyewa bantuan statistik dalam kegiatan penelitiannya.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -