Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Populasi dan Sampel Statistika Penelitian

Pada kegiatan penelitian, setiap data yang diambil selalu berasal dari sekelompok populasi, dan karena jumlah populasi yang begitu besar, proses pengumpulan data akan menjadi sangat sulit sulit sekali untuk dilakukan oleh peneliti. Untuk dapat mempermudah proses kegiatan pengumpulan ataupun pengamatan populasi, maka dilakukan peneliti dapat melakukan pengambilan sampel dari suatu populasi guna untuk membuat kegiatan penelitian menjadi lebih efisien dan efektif.



Sebelum mempelajari materi tentang Populasi dan Sampel Statistika Penelitian, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Penyajian Data Statistika Penelitian Beserta Penjelasannya, Cara Pengukuran Tendency Central Statistika, dan Pengukuran Variasi Kelompok Statistika Penelitian.

Populasi

Populasi adalah keseluruhan nila item yang digunakan untuk menjadi sumber data pada kegiatan penelitian atau statistik. Populasi bisa berupa sekelompok individu, sekelompok item, dan lain sebagainya. Populasi merupakan bentuk kumpulan-kumpulan data untuk sebuah penelitian.

Secara umum, populasi mengacu pada orang-orang yang tinggal disuatu wilayah tertentu pada waktu tertentu. Istilah populasi juga mengacu pada bidang tertentu yang ingin diteliti oleh seorang peneliti. Dalam hal ini, pengertian tersebut dapat mengacu pada individu, objek, peristiwa, organisasi, dan lain sebagainya. Seorang peneliti juga dapat menggunakan populasi untuk menarik suatu kesimpulan dari kegiatan penelitian yang sedang dilakukannya.

Salah satu contoh populasi yang digunakan dalam kegiatan penelitan dan statistik seperti populasi seluruh peserta didik yang ada disatuan pendidikan atau sekolah tertentu. Populasi ini akan berisi semua siswa yang belajar di sekolah tersebut pada saat proses pengumpulan data yang bergantung pada bentuk rumusan masalahnya, dimana data dari masing-masing peserta didik atau siswa tersebut dikumpulkan. Contoh, siswa yang berbicara bahasa Jawa disebuah sekolah X. 

Populasi merupakan keseluruhan kelompok yang ingin ditarik nilai kesimpulannya. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari komponen objek dan subjek dan memiliki kualitas serta ciri khusus yang ditetapkan guna untuk dipelajari oleh peneliti serta dilakukan penarikan kesimpulan dari hasil kegiatan penelitian. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga objek dan benda-benda alam yang lain. Populasi tidak hanya sebatas makna jumlah dari objek ataupun subjek pada penelitian, melainkan seluruh karakter dan sifat-sifat yang ada pada objek ataupun subjek populasi yang diteliti itu sendiri. 

Misalnya dilakukan kegiatan penelitian di sekolah X, maka sekolah X ini mempunyai populasi yang bisa berupa jumlah subjek atau orang dan karakteristik atau sifat yang melekat pada orang atau peserta didik tersebut. Pengertian ini memberikan makna bahwa orang-orang yang berada pada sekolah X mempunyai karakteristik, misalnya motivasi kerjanya, disiplin kerjanya, kepemimpinannya, iklim organisasinya dan lain sebagainya. Sementara sekolah juga memberikan makna karakteristik seperti kebijakan, prosedur kerja, tata ruang kelas, lulusan yang dihasilkan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Meskinpun dalam suatu lingkungan hanya terdapat satu orang maka satu orang itupun bisa digunakan sebagai populasi, karena satu orang tersebut mempunyai berbagai karakteristik, misalnya gaya bicaranya, disiplin pribadinya, hobi, cara bergaul, kepemimpinannya dan lain sebagainya. Contoh, dilakukan sebuah penelitian tentang kepemimpinan Presiden X, maka kepemimpinan adalah suatu sampel yang merupakan bagian dari karakteristik yang melekat pada presiden X tersebut.

Pada dunia medis, biasanya satu orang sering diberlakukan sebagai populasi dari pengambilan sampel pada kegiatan penelitian. Darah yang ada pada setiap orang adalah populasi, jika akan diperiksa maka cukup diambil sebagian darah yang merupakan sampel dari populasi orang. Data yang diteliti dari sampel darah tersebut selanjutnya dapar diberlakukan kepada seluruh darah yang dimiliki orang tersebut atau yang dimiliki oleh populasi.

Pada situasi yang telah dijelaskan sebelumnya seperti populasi peserta didik disekolah, proses pengumpulan data masih termasuk mudah, karena popuasi yang dikumpulkan sedikit dan sebagian besar dari anggota populasi bersedia untuk memberikan data serta mudah untuk dihubungi, dimana data yang telah dikumpulkan secara lengkap tersebut dapat digunakan secara baik dalam dunia penelitian.

Namun, lain cerita jika seorang peneliti harus mengumpulkan data yang sama dari jenis populasi yang lebih besar, seperti populasi peserta didik di seluruh Indonesia, dimana sangat mustahil untuk melakukan proses penarikan kesimpulan yang dapat dipercaya karena keterbatasan letak geografis dan aksesibilitas, apalagi keterbatasan waktu dan sumber daya yang dimiliki oleh seorang peneliti. Karena keterbatasan tersebut, bisa saja dalam proses pengumpulannya akan ada banyak data yang hilang atau mungkin tidak dapat diandalkan. Selain itu, karena kendala aksesibilitas, untuk mendapatkan data populasi didaerah seperti suku atau desa terpencil mungkin saja data tersebut tidak dapat disediakan sama sekali sehingga data akan menjadi bias terhadap wilayah atau kelompok tertentu.

Sampel

Sampel didefinisikan sebagai bentuk representasi dari bagian kecil suatu kelompok yang lebih besar yang sifatnya lebih mudah untuk dikelola, yang merupakan bagian dari populasi yang lebih besar yang memuat karakteristik dari populasi itu sendiri. Sampel digunakan dalam proses pengujian statistik ketika ukuran populasi terlalu besar untuk seluruh anggota atau observasi yang kemudian dimasukkan dalam proses pengujian dalam kegiatan penelitian dan statistik. Sampel merupakan bagian dari jumlah beserta karakter dan sifat khas yang diambil dari suatu populasi. Sampel adalah kelompok tertentu yang datanya akan dikumpulkna, dimana besarnya nilai sampel adalah selalu lebih kecil dari nilai jumlah seluruh populasi. Jika populasi yang diteliti besar, sangat tidak mungkin bagi seorang peneliti untuk dapat mempelajari semua bagian dari populasi tersebut, karena sudah pasti sumber daya yang dibutuhkan juga besar mulai untuk melakukan kegiatan penelitian, mulai dari dana, tenaga, waktu, dan lain sebagainya. Untuk itu, guna tetap bisa mempelajari secara keseluruhan suatu populasi namun dengan sumber daya yang terjangkau maka digunakan sampel yang diambil dari populasi pada suatu kegiatan penelitian. Segala sesuatu informasi yang didapatkan dari hasil sampel, informasinya dapat juga diterapkan atau diberlakukan pada populasi. Untuk itu, sampel yang diambil dari suatu populasi harus benar-benar merepresentasikan sifat atau karakter yang dimiliki oleh populasi.

Sampel adalah bagian dari populasi yang sifatnya tidak bias dan paling mewakili keseluruhan data dari suatu populasi.

Bila sampel tidak representatif maka hasil penarikan kesimpulan juga bisa menjadi rancu atau tidak jelas, ibarat orang buta yang diberi tugas untuk menyimpulkan karakteristik hewan gajah. Orang pertama menyentuh bagian telinga gajah, maka orang tersebut menarik kesimpualn bahwa gajah itu seperti besar seperti kipas. Orang kedua memegang gajah dari arah perut, maka orang kedua tersebut melakukan penarikan kesimpulan bahwa gajah itu seperti sebuah tembok besar. Dan orang ketiga memegang bagian ekor gajah, maka orang tersebut menarik kesimpulan bahwa gajah berukuran kecil seperti tali. Inilah yang terjadi jika pada kegiatan penelitian sampel yang diambil tidak representatif terhadap populasi, seperti tiga orang yang buta dan melakukan penarikan kesimpulan tentang seekor gajah.

Dalam dunia penelitian, populasi tidak selalu mengacu pada individu atau orang. Hal ini bisa berarti bahwa kelompok yang berisi unsur-unsur apapun yang tidak dipelajari, seperti objek, peristiwa, organisasi, negara, spesies, organisme, dan lain sebagainya.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Siska Susilawati, Siti Muamanah, Syarif Kavi Muhammad, Synthia Dewi Nurul Imaniah, dan Talitha Sari Ismaniar.

5 komentar untuk "Populasi dan Sampel Statistika Penelitian"

  1. Populasi merupakan suatu kelompok yang ingin ditarik suatu hasil kesimpulan dalam proses penelitian atau pengambilan data statistik. Sendangkan sampel merupakan grup khusus yang akan dilakukan pengambilan data oleh seorang peneliti atau seseorang yang ingin melakukan pengambilan data atau survei. Ukuran sampel selalu lebih kecil dari ukuran populasi. Dalam proses penelitian, populasi tidak selalu mengacu pada seseorang atau individu melainkan juga beberapa benda atau objek yang memiliki sifat atau karakter khusus.

    BalasHapus
  2. Dalam terminologi penelitian, populasi dapat diartikan sebagai suatu kelompok individu, lembaga, dan objek ataupun hal lainnya yang memiliki kesamaan karakteristik yang menjadi minat seorang peneliti untuk diamati, ataupun juga setiap nilai yang diidentifikasi atau diukur dari suatu karakteristik keseluruhan populasi atau juga disebut sebagai parameter.

    BalasHapus
  3. Dalam istilah penelitian, sampel merupakan sekelompok objek, orang, ataupun juga benda atau item yang diambil dari populasi yang lebih besar ukurannya serta dapat diukur dan digunakan untuk pengukuran. Sampel harus mewakili populasi untuk memastikan bahwa seorang peneliti dapat menggeneralisasi temuannya berdasarkan sampel penelitian ke seluruh populasi secara keseluruhan.

    BalasHapus
  4. Populasi merupakan sekumpulan orang lengkap dengan serangkaian karakteristik khusus yang dimilikinya, sedangkan sampel, merupakan bagian dari populasi itu sendiri. Populasi penelitian merupakan bagian dari populasi target yang tersedia untuk diteliti yang dipilih oleh seorang peneliti.

    BalasHapus
  5. Ukuran sampel mengacu pada jumlah partisipan atau observasi yang dimasukkan ke dalam suatu penelitian. Angka dari jumlah sampel biasanya diwakili oleh huruf n. Hasil temuan penelitian dapat digunakan untuk menggambarkan populasi berdasarkan hasil informasi yang diperoleh dari pengamatan sampel pada kegiatan penelitian.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -