Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Eksplanasi Beserta Penjelasannya

Teks eksplanasi merupakan teks bentuk proses yang disajikan secara sekuensial dari suatu fenomena atau kejadian. Teks eksplanasi merupakan bentuk teks yang memuat berbagai penjelasan yang dipaparkan sesuai dengan bidang ilmu yang bersifat ilmiah dan mengacu pada fakta, realita, teori, dan hasil penelitian tertentu. 

Sebelum mempelajari materi tentang Teks Eksplanasi Beserta Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Tipe DNS Beserta Cara Kerja dan Pengertiannya, Permasalahan PPDB Menggunakan Sistem Zonasi, dan Primordialisme dan Kaitannya dengan Teori Identitas Etnis.

Teks eksplanasi merupakan bentuk teks yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu didunia ini dapat terjadi. Teks ini berisi tentang tindakan, bukan tentang hal. Teks eksplanasi memainkan peran yang berharga dalam membangun dan menyimpan suatu bentuk pengetahuan tertentu. Tulisan teksn dan ilmiah seringkali diungkapkan dalam bentuk teks eksplanasi.

Ketika membuat teks eksplanasi, seseorang harus menetapkan terlebih dahulu bahwa fenomena tersebut merupakan sesuatu yang memang ada dan kemudian isi teks menjelaskan mengapa atau bagaimana hal tersebut bisa ada atau bisa terjadi. Penulis juga harus bisa memperoleh banyak pengetahuan konten sebelum memulai membuat teks eksplanasi.

Ada berbagai jenis teks eksplanasi. Salah satu jenis teks eksplanasi menjelaskan suatu kejadian atau cara kerja tertentu, dimana teks tersebut dapat berupa penjelasan mekanis tentang cara kerja teknis seperti cara kerja motor rumput, cara kerja teknologi tertentu, atau penjelasan ilmiah ketika menjelaskan bagaimana longsoran tanah dapat terjadi. Sedangkan bentuk lain dari teks eksplanasi atau bentuk kedua adalah menjelaskan tentang mengapa suatu peristiwa dapat terjadi, misalnya mengapa suatu zat dapat memuai dan menyusut, dan mengapa cermin kamar mandi dapat berembun saat seseorang sedang mandi. Tidak hanya itu, tipe lain dari teks eksplanasi atau tipe ketiga juga menjelaskan tentang persamaan dan berbedaan antara objek objek, dan tipe teks eksplanasi terakhir adalah menjelaskan tentang bagaimana suatu pendekatan terhadap masalah yang harus diselesaikan.

Teks eksplanasi biasanya digunakan untuk menghubungkan topik sains dan topik teknologi yang bertujuan untuk mengeksplorasi penjelasan fenomena alam atau non alam, misalnya cara kerja televisi, mengapa gempa bumi dapat terjadi, bagaimana angin puting beliung terbentuk, dan bagaimana suara dapat merambat melalui berbagai medium perantara. Tidak hanya itu teks eksplanasi juga mempunyai kaitan yang menjelaskan antara masyarakat dan lingkungan dimana bentuk penjelasan biasanya menulis tentang suatu fenomena tertentu seperti bagaimana kapas dapat diolah menjadi bahan pakaian, mengapa seseorang harus berolahraga dan makan makanan yang sehat, dan bagaimana keju dapat diolah dari bahan baku susu.

Baca Juga:

Teks eksplanasi juga digunakan oleh sejumlah profesi tertentu untuk menjelaskan suatu proses. Misalnya peneliti medis menulis menggunakan format teks eksplanasi untuk menjelaskan tentang proses medis yang digunakan oleh dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya tentang bagaimana masalah medis berkembang saat ini. Tidak hanya itu ahli astronomi dan geofisika juga dapat menggunakan teks eksplanasi untuk menjelaskan pola dan perubahan cuaca bagi para petani, pelajar, dan ilmuwan yang mempelajarinya. Juga, seorang ahli biologi dapat menjelaskan fenomena tertentu menggunakan teks eksplanasi tentang bagaimana proses kupu-kupu dapat berkembang mulai dari tahapan kempompong hingga menjadi kupu-kupu untuk para pelajar dan pelestari lingkungan.

Terdapat empat tipe teks eksplanasi, yaitu: teks eksplanasi sekuensial, teks eksplanasi kausal, teks eksplanasi teoretis, dan teks eksplanasi faktorial.
  • Teks eksplanasi sekuensial merupakan teks eksplanasi yang memberikan penjelasan terhadap tahapan dari suatu fenomena tertentu.
  • Teks eksplanasi kasual merupakan teks eksplanasi yang memberikan penjelasan sebab dari suatu enomena yang terjadi.
  • Teks eksplanasi teoretis merupakan teks eksplanasi yang menjelaskan tentang suatu hal yang masih bersifat spekulasi terhadap suatu kejadian.
  • Teks eksplanasi faktorial merupakan teks eksplanasi yang menjelaskan tentang dampak atau efek dari suatu hasil proses.

Struktur Teks Eksplanasi

  • Pernyataan Umum; pada bagian ini berisi penjelasan tentang suatu gambaran umum dari fenomena atau peristiwa alam yang akan dibahas.
  • Urutan Sebab Akibat; pada bagian ini berisi penjelasan tentang sebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena yang dibahas pada bagian pernyataan umum sebelumnya.
  • Interpretasi; pada bagian ini berisi penjelasan tentang penarikan kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas sebelumnya.

Ciri-ciri Kebahasaan

Ada beberapa ciri kebahasaan dari teks eksplanasi yang dijelaskan sebagai berikut:
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang fokus pada hal yang berisfat umum atau general, dan bukan berfokus pada individu atau manusia. Contoh: peristiwa tsunami, peristiwa banjir, peristiwa gempa bumi, peristiwa hujan, peristiwa badai, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang menggunakan istilah ilmiah pada penulisan teksnya. Contoh: raja singa pada teks kesehatan, wibu pada teks budaya jepang, betina pada teks biologi, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang banyak menggunakan verba material dan verba relasional atau kata kerja aktif. Contoh: mengelus, meraba, menghisab, menggerayangi, membuka, meniduri, melarikan diri, bersetubuh, bersenggama, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang banyak menggunakan konjungsi kronologis (waktu) dan konjungsi kausalitas. Contoh: sehingga, sebelum, pertama, jika, bila, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan bentuk teks yang menggunakan kalimat pasif dengan tujuan untuk tidak membuat suatu justifikasi terhadap sesuai yang diterangkan secara kausal dan bersifat benar apa adanya.

Contoh Teks Eksplanasi

Pemanasan Global merupakan salah satu fenomena yang sedang dihadapi oleh umat manusia saat ini yang memiliki dampak besar terhadap kelangsungan peradaban umat manusia, beserta lingkungan hidupnya seperti hewan dan tumbuhan.

Proses pemanasan global dimulai ketika cahaya radiasi matahari menyinari permukaan bumi, dimana sebagian besar dari panas tersebut akan diserap oleh bumi, dan sisanya akan dipantulkan kembali ke udara bebas atau atmosfer. Namun karena jumlah industri yang menghasilkan gas polusi sudah sangat banyak menyelubungi permukaan bumi, maka cahaya matahari yang semestinya terpantul kembali ke udara bebas atmostif malah terperangkap oleh gas-gas polusi tersebut, seperti gas carbon dioksida, sulfur dioksida, metan, uap air, dan beberapa bentuk gas lainnya, sehingga cahaya yang semestinya sudah dibebaskan kemudian dipantulkan kembali ke permukaan bumi yang mengakibatkan suhu panas rata-rata dipermukaan bumi menjadi meningkat yang menimbulkan efek rumah kaca.

Panas atau radiasi matahari yang terperangkap dipermukaan bumi tersebut kemudian membuat lapisan ozon yang melindungi makhluk hidup yang ada dipermukaan bumi menjadi semakin tipis sehingga cahaya matahari yang memiliki radiasi 'jahat' kemudian dapat langsung masuk ke permukaan bumi dan mengakibatkan kerusakan pada makhluk hidup yang ada dibumi beserta lingkungannya. Pristiwa terperangkapnya cahaya matari yang terjadi secara berulang tersebut juga dikenal dengan istilah global warming atau pemanasan Global.


Pada teks contoh yang diperlihatkan sebelumnya, pada paragraf awal diberikan penjelasan secara umum apa yang dimaksud dengan pemanasan global. Selanjutnya pada paragraf kedua dan ketika diberikan tentang penjelasan sebab akibat dari terjadinya pemanasan global, dan akhiri dengan kalimat interpretasi.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Ahmad Miftah Fariz, Ainul Hakim, Aisya Najma Millatina, Aji Kartika Wening, dan Aldi Setiawan.

6 komentar untuk "Teks Eksplanasi Beserta Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses atau urutan kejadian dari suatu fenomena.

      Hapus
  2. Apa tujuan dari pembuatan teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teks eksplanasi merupakan teks yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana dan kenapa sesuatu dapat terjadi pada fenomena sehari-hari yang mengandung urutan proses suatu fenomena.

      Hapus
  3. Sebutkan tiga struktur umum dari teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga struktur umum dari teks eksplanasi adalah judul, pernyataan umum, dan penjelasan.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -