Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cita-cita Muhamad Kevin Sasongko

Hai, namaku adalah Muhamad Kevin Sasongko, biasa dipanggil sebagai Kevin atau teman dekat saya biasa memanggilnya Kepin. Saya lahir di Semarang, 28 Juni 2007. Saya terlahir di keluarga yang sederhana. Orang tua saya bernama Muhamad Ragil. S dengan pekerjaannya sebagai karyawan swasta dan lilik setiawati dengan pekerjaannya sebagai wiraswasta. Saya merupakan anak tunggal. Lingkungan yang saya tinggali ada di Perumahan Bukit Beringin Asri. Tetangga saya disini sangatlah baik dan ramah, saling tolong menolong antar tetangga. Motto hidup saya adalah "Kegagalan itu selalu ada namun bukan untuk ditakuti, melainkan untuk selalu dipelajari". 

Cita-cita Muhamad Kevin Sasongko
Cita-cita Muhamad Kevin Sasongko

Sebelum membaca tentang Cita-cita Muhamad Kevin Sasongko, terlebih dahulu baca tentang: Cita-cita Leodien Hylmi Ghozali, Cita-cita Mahendra Choirul Umam, dan Cita-cita Medina Azzahwa.

Saya bersekolah di SDN Ngaliyan 01. Disana saya mempunyai banyak teman, dan salah satu teman saya yaitu bernama Raffy dan Mikail. Kita selalu bermain bersama, kita selalu belajar kelompok bersama, semua hal baik suka maupun duka kita lewati bersama sama. Hingga 6 tahun telah berlalu, masa - masa sekolah di sekolah dasar pun telah usai. Saya dan Raffy bersekolah di SMP yang sama yaitu SMPN 31 Semarang, sedangkan Mikail bersekolah di SMPN 18 Semarang. Saya dan Raffy walaupun beda kelas, kita tetap berhubungan baik, begitu pula dengan Mikail. Di SMP saya bertemu dengan seseorang yang akan menjadi teman baik saya. Ia bernama Fadil, tidak hanya itu saya juga berteman dengan sesorang yang bernama Dicky dan Raffael. Kita bertiga melewati 3 tahun SMP dengan melakukan hal bersama. Bermain game, nongkrong, belajar kelompok, dan lain - lainnya. Diumur saya yang ke 11 tahun atau kelas 5 SD, saya pernah mendapatkan ranking 10 besar dikelas. Saya pun tidak percaya atas kesuksesan saya dalam mendapatkan hasil yang sangat memuaskan tersebut dan saya diberikan hadiah oleh eyang saya berupa Sepeda Polygon. Pada saat SMP saya bergabung dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang disebut OSIS, saya menjabat di OSIS untuk periode tahun 2020/2021. Di SMP saya juga aktif dalam bidang kepramukaan. Dibidang tersebut, saya pernah menjuarai lomba LT dengan juara harapan 2 untuk Kota Semarang. Dan alhamdulillahnya saat kemarin kelas 8 dan 9 saya mendapatkan ranking 1 dikelas dan tepat pada tanggal 8 Juni 2023 dimana tanggal itu semua siswa siswa di SMPN 31 SEMARANG, melalukan wisuda atau bisa disebut pelepasan, alhamdulillah saya mendapatkan ranking 4 pararel di SMP N 31 SEMARANG, semua yang saya capai itu adalah hasil usaha saya, dan juga semangat dan doa dari kedua orang tua saya. Semasa SMP dan SMA, saya memiliki kisah pertemanan yang luar biasa, buktinya saya memiliki beberapa sahabat yang hingga sekarang di SMA kami masih bersahabat. Saat SMP saya dan sahabat-sahabat saya sering disebut bagaikan amplop dan perangko. Hal ini dikarenakan kami selalu bersama, yaitu adalah Chandra, Fadil, Raffy, dan Dicky. Saat SMA kami terpisah, oleh yang namanya SMK, namun hati kami tetap terikat hingga sekarang. Kontribusi yang saya lakukan adalah dengan membantu orang tua dalam membersihkan rumah, menjaga ketertiban dirumah, dan menaati peraturan yang berada dirumah, dan juga selalu menjaga kenyaman yang ada di lingkungan sekitar saya, saya meyakinkan kedua orang tua saya, saya bisa masuk ke sekolah negeri dan bukan swasta adalah kontribusi terbesar saya kepada kedua orang tua saya sehingga orang tua saya tidak terlalu terbebani dengan biaya pendidikan saya. Motivasi saya untuk melanjutkan pendidikan ke SMA terutama SMAN 8 SEMARANG, adalah karena saya ingin melanjutkan jenjang dan karier saya untuk menggapai cita-cita saya menjadi seorang anggota POLRI dengan melanjutkan pendidikan selanjutnya yaitu dengan mendaftar sebagai calon taruna AKPOL.

Ditambah bahwa SMAN 8 Semarang sangat dekat sekali dengan rumah saya yang berjarak kurang dari 1 km, alhasil jika saya kelelahan ataupun ketika jadwal saya di SMAN 8 Semarang ini sangat padat, maka saya bisa dengan cepat pulang dan langsung beristirahat tanpa menunggu saya dijemput karena saya bisa menggunakan motor pribadi untuk datang ke SMA N 8 SEMARANG. Tentu dengan perlengkapan keamanan diri yaitu seperti helm dan jaket.

Baca Juga:

Motivasi saya untuk bersekolah di SMA N 8 SEMARANG adalah:
  • Walaupun SMAN 8 SEMARANG bukan SMA yang saya impikan, tetapi saya sangat bersyukur bisa bersekolah disini karena saya juga sadar bahwa kapasitas saya tidak sanggup untuk masuk di SMA yang favorit yang saya inginkan. Saya memilih untuk masuk SMAN 8 SEMARANG dengan alasan saya yakin di SMAN 8 SEMARANG, saya dapat membuat diri saya menjadi seseorang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan Nusa dan Bangsa.
  • Menurut saya SMAN 8 SEMARANG adalah tempat yang nyaman dan tempat belajarnya yang berkualitas, sehingga saya memilih SMAN 8 SEMARANG, agar saya bisa menjadi siswa yang berkualitas, berprestasi, dan berakhlak mulia.
  • Di SMAN 8 SEMARANG, saya juga ingin mengembangkan minat dan bakat saya di bidang akademik maupun non akademik. Harapannya, dengan bimbingan oleh para guru, pelatih, pembina, dan juga kakak kelas di sini, saya bisa menemukan kelebihan pada diri saya yang nantinya bisa berguna bagi masa depan saya.
  • Motivasi saya yang terakhir mengapa untuk saya memlilih bersekolah di SMAN 8 SEMARANG yaitu, tidak lain untuk tetap melanjutkan pendidikan demi masa depan saya. Dengan begitu, saya nanti bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Menjadi seorang anggota POLRI dari jebolan AKPOL.

Saya juga memiliki kekurangan karena saya adalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan dan kekurangan.

Kekurangan yang saya miliki dan cara mengatasinya :
  • Pelupa, saya sangat sering lupa saat ingin melakukan sesuatu sehingga membuat saya agak kesal dengan diri saya sendiri dan juga terkadang saat sudah dipikirkan mau bicara apa, malah pas mau dibicarakan malah lupa. Cara mengatasinya adalah saya harus menulis di note atau reminder di handphone agar saya tidak lupa lagi.
  • Belum bisa mengelola waktu dengan baik. Ketika pekerjaan menumpuk dan deadline semakin dekat, saya harus menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Sayangnya, saya tidak bisa mengelola waktu dengan baik sehingga lambat dalam mengerjakan tugas. Cara mengatasinya yaitu saya harus menulis deadline tugas, waktu belajar, main dan lain lain agar saya lebih disiplin dalam mengelola waktu.
  • Kurang menguasai bahasa asing, menjawab kurang menguasai bahasa asing sebagai kekurangan saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri bisa cukup merugikan. Khususnya dalam Berbahas Inggris, saya kurang menguasai bahasa tersebut sehingga mengganggu ketika pembelajaran di sekolah. Cara mengatasinya adalah saya harus rajin belajar. Contohnya membaca buku atau kamus bahasa, menonton vidio edukasi tentang bahasa asing dan lain-lain.

Sosok yang menginspirasi saya pada hidup saya adalah kedua orang tua saya karena keduanya telah berjuang bekerja keras untuk saya, saya tidak mungkin bisa sampai sejauh ini. Orang tua sayalah yang mengasuh, mendidik, merawatku, membimbing, mengajari, memberikan semangat, dan perhatian jika saya sedang sedih dan berkorban tanpa meminta balas budi dan dengan sabar serta tulus tanpa pamrih hingga saya besar seperti sekarang ini. Tokoh yang menginspirasi dalam hidup saya lainnya adalah seorang ilmuwan fisikawan yang bernama Albert Einstein. Kenapa saya memilih Albert Einstein, karena ia memiliki jasa yang besar pada perkembangan dunia Fisika sekaligus kontribusinya yang bisa mengubah fisika secara keseluruhan dan membantu kebaikan di kehidupan manusia dengan pemikirannya yang sangat jenius dan pintar, dan memberikan kontribusi kepada saya untuk memotivasi diri saya sendiri untuk belajar lebih giat dan rajin lagi agar bisa memiliki kecerdasan yang sama seperti Einstein dan menggunakan kecerdasan tersebut untuk berbuat hal yang bermanfaat.

Rencana saya untuk 10 tahun ke depan adalah saya ingin menjadi seorang Perwira Muda yang biasa berguna untuk Nusa dan Bangsa yang bekerja di MABES POLRI. Diusia saya yang ke 28 tahun saya ingin menikah jika sudah punya pekerjaan seperti yang saya sebutkan sebelumnya atau setidaknya punya pekerjaan tetap terlebih dahulu. Saya ingin menikah dengan perempuan yang perhatian dan setia kepada pasangannya tanpa melihat harta dan benda yang saya miliki, dan saya mempunyai keinginan untuk memiliki 3 anak saja, tidak usah banyak-banyak karena bisa memberatkan saya karena terlalu merepotkan dan membebani jika banyak anak, tetapi tidak bisa memberikan perhatian yang secara adil kepada semua anak. Dan saya memiliki impian yaitu untuk tinggal di lingkungan yang memadai seperti di BSD, BSB, dan di daerah IKN. Harapan saya dapat bertinggal dengan tetangga yang bisa diandalkan dan ramah kepada sesama tetangga, serta saling tolong menolong antar tetangga jika ada tetangga yang sedang ada kesusahan dan memiliki rasa solidaritas tinggi antar tetangga.

50 Langkah atau tips untuk menjadikan saya sebagai orang sukses untuk 15 tahun ke depan adalah:
  1. Disiplin dalam melaksanakan tugas dan amanah dalam menjalankannya.
  2. Selalu konsisten.
  3. Selalu mau terus belajar jangan merasa pernah cukup.
  4. Bertanggung jawab atas apa yang diberikan oleh Allah SWT.
  5. Menambah Relasi karena dengan begitu jika relasi kita membawa hal yang positif maka kita akan terbawa menjadi positif dan bisa juga untuk membantu kesuksesaan kita.
  6. Selalu berfikir hal yang positif.
  7. Cepat melakukan adaptasi pada lingkungan agar saling cepat mengenal satu sama lain dan lingkungan.
  8. Belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan agar tidak terulang kembali.
  9. Selalu bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang kita capai.
  10. Optimis.
  11. Selalu mengevaluasi diri.
  12. Berfikir Kritis.
  13. Yakin terhadap potensi diri sendiri yang kita miliki.
  14. Menjauhkan plikiran atau hal - hal negatif.
  15. Selalu berani dalam mengambil keputusan terlebih dahulu untuk masalah gagal ataupun berhasil urusan belakangan.
  16. Yakin dengan pemikiran kita sendiri bahwa kita bisa jangan pikirkan kata orang lain.
  17. Tidak banyak alasan.
  18. Selalu percaya dengan yang namanya proses.
  19. Percaya diri dengan apa yang kita lakukan jangan takut salah.
  20. Selalu Memanfaatkan kesempatan yang ada.
  21. Berkompetisi dengan sehat.
  22. Kerja keras.
  23. Tekun.
  24. Ulet dalam melaksanakan sesuatu.
  25. Tidak Mudah Putus aja.
  26. Bekerja keras.
  27. Gigih.
  28. Jangan pernah takut dengan namanya mencoba.
  29. Selalu jujur dalam menjalankan tugas jangan pernah berbohong sedikitpun.
  30. Untuk mencapai itu semua kita juga jangan pernah meninggalkan untuk Sholat 5 waktu.
  31. Meminta doa restu kepada kedua orang tua kita.
  32. Keluar dari zona nyaman agar tau dunia yang sebenernya seperti apa.
  33. Selalu komitmen dengan hal yang kita ingin tuju.
  34. Memilik target agar kita tidak santai - santai saja.
  35. Selalu sabar dalam mengambil keputusan.
  36. Rajin Berolahraga.
  37. Bisa menaikan Haji dan Umroh untuk kedua orang tua saya.
  38. Belajar dari kesalahan.
  39. Terampil dalam menjalankan tugas.
  40. Menghindari minum - minuman beralkohol.
  41. Menghindari narkoba.
  42. Tidak merokok.
  43. Rajin menabung.
  44. Ramah dengan semua orang.
  45. Kreativitas dalam hidup.
  46. Fokus terhadap tujuan yang ingin kita capai.
  47. Banyak - banyak membaca buku.
  48. Membaca Al - Quran.
  49. Membagi kepada orang yang membutuhkan.
  50. Selalu rendah hati jika mendapatkan prestasi ataupun prestasi.

Referensi Tambahan:

5 komentar untuk "Cita-cita Muhamad Kevin Sasongko"

  1. Muhamad Kevin Sasongko apakah kamu sudah berhasil mewujudkan mimpimu?

    BalasHapus
  2. Muhamad Kevin Sasongko, tetap semangat meraih cita-citamu.

    BalasHapus
  3. Muhamad Kevin Sasongko, kendala apa saja yang sudah kamu temui dalam menggapai cita-citamu?

    BalasHapus
  4. Muhamad Kevin Sasongko apakah kamu masih berpegang pada motivasi dirimu saat ini?

    BalasHapus
  5. Muhamad Kevin Sasongko apakah kamu mengikuti strategi kesuksesan yang kamu buat pada tulisan ini?

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -